Tulisan

Senin, 03 Januari 2011

TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Taman Mini Indonesia Indah PDF Print
10-11-2006
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menempati areal seluas lebih dari 120 hektar didaerah Pondok Gede, Jakarta Timur dan merupakan "Taman Budaya Nusantara".
Selain menampilkan segala aspek seni dan budaya Indonesia dengan aneka anjungan berbentuk rumah adatnya, TMII juga menyajikan kekayaan dan keindahan alam indonesia.
Hal ini dapat disaksikan dengan mengunjungi Taman Burung, Taman Anggrek, Taman Bunga Keong Emas, Taman Serangga, dsb.
Anjungan daerah di TMII mewakili daerah propinsinya masing-masing. Tiap anjungan menampilkan setidaknya tiga bentuk rumah dan bangunan masing-masing adat setempat. Yang ditampilkan tidak semata sisi arsitektur bangunan luar, melainkan melengkapi juga ornamen, corak ragam hias rumah tersebut.

Saat memasuki sebuah bangunan arsitektur tertentu, di dalamnya kita akan mendapatkan adanya perlengkapan interior yang juga khas daerah setempat, termasuk pilarnya, ukiran daun pintu sebuah rumah, ornamen lubang angin di atas pintu kamar dan jendela, kursi dan meja serta detail arsitektur lain.

Menghampiri anjungan demi anjungan akan menimbulkan kesan dan kesimpulan: betapa kaya raya arsitektur Indonesia! Ada rumah bagonjong di Ranah Minang di Sumatera Barat, lamin untuk suku bangsa Dayak di pedalaman Kalimantan Timur, tongkonan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, rumah bolon dalam tradisi Batak, Sumetara Utara dan rumah joglo di Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar